[ X ] Close

Sabtu, 04 Agustus 2012

Soal bonus peraih emas, Indonesia masih kalah dari Singapura

Hingga hari kesembilan pelaksanaan Olimpiade 2012 di Ibu Kota London, Inggris, kontingen Indonesia masih tertahan di peringkat 35 klasemen umum dengan medali perak dan perunggu dari cabang angkat besi. Padahal KONI telah menjanjikan bonus besar, mencapai Rp 1 miliar untuk setiap atlet berhasil meraih emas.

Omong-omong soal bonus buat atlet berprestasi, rupanya Indonesia masih kalah jor-joran dibanding dua negara tetangga, yaitu Singapura dan Malaysia. Nominal fulus buat peraih medali di negeri jiran mencapai berkali-kali lipat dari yang dijanjikan KONI.

Bagi peraih emas, Singapura menjanjikan bonus mencapai Rp 7,3 miliar. Malaysia setali tiga uang dengan mengiming-imingi olahragawan mereka hadiah Rp 5,9 miliar, plus tambahan Rp 5,6 miliar lagi khusus bagi atlet bulu tangkis, seperti dilansir BBC, Jumat (3/8).

Singapura menempati posisi pertama negara paling royal bagi peraih medali emas di Olimpiade tahun ini. Daftar ini lantas disusul negara-negara pecahan Uni Soviet. Kazakhstan tidak segan menggelontorkan Rp 2,3 miliar buat pendulang emas. Rusia, tidak beda jauh dari Indonesia, hanya berselisih 200 juta lebih banyak.

Negeri adi daya seperti Amerika Serikat malah tidak terlalu banyak memberi bonus. Peraih emas mendapatkan hadiah dari negara sebesar Rp 235 juta. Itupun masih kena pajak sebesar 35 persen. Hal ini membikin pusing beberapa atlet dan sedang jadi pembicaraan anggota parlemen di Amerika.

Bagaimana dengan tuan rumah Inggris? Negeri Ratu Elizabeth tercatat sebagai salah satu negara paling pelit memberi hadiah untuk atlet berprestasi. Bila mempersembahkan medali emas, imbalannya hanya dibuatkan prangko bergambar wajah sang olahragawan.

Namun, sebanyak apapun bonus, tampaknya tidak berbading lurus dengan prestasi. Singapura baru mendapat satu perunggu hingga berita ini dilansir. Malaysia malah belum meraih satupun medali.

http://www.merdeka.com/dunia/soal-bo...singapura.html

udah sedikit telat lagi pembayaraannya :capedes